5 Jul 2012

Sayang Nenek

Masih demam EURO, sampe sekarang otak dan mata masih tersetting bersepakat untuk bangun di pagi buta. Sayangnya jarang dipakai buat QL, malah lebih sering “menghayal” jadinya. Dari hasil menghayal tersebut, terlintas wajah seorang nenekku di kampung. Kemudian membiarkan setiap serat-serat memori berjalan menyusuri lorong-lorong kenangan yang masih terekam jelas.
Saya yakin, di jam dini hari seperti ini, pasti beliau sedang memperpanjang sujudnya, mendoakan anak-anak dan cucu-cucunya dan tentu saja, namaku pasti ada dalam doanya itu. Saya selalu iri sama nenekku yang satu ini. Frekuensi ibadahnya gila bener. Lail, Dhuha, tilawah dan semua jenis sholat sunnat lainnya dak absen dikerjain dalam setiap harinya. Padahal dia sudah mulai membungkuk. Ditambah lagi badannya yang gemuk. Secara fisik, sebenarnya beliau sudah tidak mampu lagi mendirikan sholat sebanyak itu, tapi semangatnya selalu mengalahkan fisiknya. Kadang saya mikir, ngapain lagi beliau pake acara sholat hajat? Toh, dia sudah tidak ada lagi cita-cita yang mau diwujudkan. Tapi, katanya, “yang ini buat kebaikan kalian semua, biar kalian semua sukses.” Subahanallah...
Padahal, beliau bukan nenek kandungku. Beliau hanya saudara kandung mama dari mamaku alias nenekku. Btw, saya punya banyak nenek loh. Secara, nenekku meninggal pada saat mama masih berusia kira-kira 4/5 tahun gitu. So, kepengurusan mama dan adiknya berpindah tangan dari satu tangan ke tangan lainnya. Jadinya, klo dari keluarga pihak mama, saya punya banyak Oom, punya banyak tante, sepupu dan lain-lain.
Sebenarnya, klo saya datang ke rumah nenek dan cuman sendiri, biasanya ada raut kecewa. Soalnya saya sangat tidak bisa dia andalkan. Berbeda dengan kakak atau adikku. Mereka beresin rumah, nyuci piring, nyuci pakaian nenek, masak, pokoknya mereka bisa menganggap rumah nenek seperti rumah sendiri. Klo saya, di suruh makan 100x, paling makan cuman sekali ato dua kali. Lah, makan aja gak mau, apalagi kerja??? Duggghhhhhh...
Belum lagi saya sering buat nenek marah. Tiap kali saya ke rumahnya, selalu saja beliau lagi sholat. Sholatnya bisa berjam-jam. Nungguin beliau selesai sholat sama saja saya kehilangan waktu buat bersenang-senang sama teman-teman. Makanya beliau protes, katanya saya sudah lupa sama beliau. Hmmm...Jadi serba salah juga, padahal saya sudah singgah di rumahnya, cmn karena malas nunggu jadinya yah gitu deh...
But, overall... saya selalu bangga punya nenek seperti beliau. Meskipun saya tidak pernah merasakan kasih sayang nenek kandung, tapi beliau sudah berhasil menggantikan peran nenekku. Ah.. Makasih yah nek, semoga Allah masih memanjangkan umurmu dalam ketaatan kepada-Nya dan masih bisa melihatku duduk di pelaminan bersama lelaki tercinta, seperti inginmu. Aamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar